Tips Meraih Berat Badan Impian :D

Posted: February 1, 2011 in HEALTH, TIPS
Tags: ,

Menjalani program diet bukanlah hal mudah. Jika Anda termasuk yang gagal melakukan kegiatan itu, cobalah simak pertanyaan-pertanyan ini: apakah target berat impian terlalu rendah; perlukah menurunkan 2,5 kilogram lagi; adakah merasakan peningkatkan kualitas kesehatan, kebugaran, rasa percaya diri?

“Penting bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan untuk menanyakan pertanyaan-pertanyaan di atas,” kata Anne Fletcher, penulis buku Weight Loss Confidential. “Gunanya adalah untuk memperjelas apa target pribadi Anda. Jika targetnya menurunkan berat badan, maka yang dibutuhkan selanjutnya adalah mengubah cara hidup Anda.”

Fletcher menjelaskan, perubahan gaya hidup tersebut adalah kunci utama dari kesuksesan program penurunan berat badan. “Ketika berat tubuh berkurang saat diet, kita memerlukan kalori yang lebih sedikit dibandingkan dengan sebelumnya,” katanya.

Program penurunan berat badan, kata Fletcher, dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan dari si pelaku. Jika Anda susah untuk mengurangi porsi makan, maka yang harus Anda lakukan adalah melakukan aktifitas fisik yang lebih. Begitu sebaliknya.

Inilah lima jurus yang akan membantu mendapatkan berat impian:

1. Terapkan Teori FITW.
Teori FITW (frekuensi, intensitas, tipe, dan waktu) yang diciptakan ahli penuruan berat badan Dawn Jackson Blatner adalah pengatur porsi olahraga yang Anda butuhkan. Teori itu adalah memodifikasi frekuensi, intensitas, tipe dan waktu olahraga yang kita sudah lakukan untuk memangkas 100 kalori ekstra. Contohnya, menambahkan 10-20 menit waktu berjalan kaki kita atau treadmill, dorong hingga batas maksimal, dan tambah kecepatan brisk walk atau jalan cepat. “Kebanyakan orang butuh mengubah rutinitas olahraga mereka, karena tubuh kita akan berubah dan membakar kalori lebih sedikit,” kata Blatner.

2. Perhatikan Apa yang Anda Makan.
Makanan yang berlemak mengandung kalori dua kali lipat ketimbang makanan yng mengandung karbohidrat atau protein. “Dua puluh lima persen lemak yang kita makan adalah lemak tambahan. Jadi cermati lemak tersembunyi dalam piring makan untuk memangkas kalori yang masuk ke tubuh kita,” saran Blatner.

Blatner juga menyarankan untuk mengurangi penggunaan produsk susu olahan dalam proses memasak dan memilih produk olahan susu yang rendah lemak.

3. Gunakan Peralatan Makan yang Lebih Kecil.

Jika Anda termasuk kelompok orang yang susah untuk mengurangi porsi makan, trik yang satu ini akan sangat membantu Anda. Dengan menggunakan piring dan cangkir yang lebih kecil saat makan akan memengaruhi kondisi psikologis Anda. Anda akan merasa kenyang ketika melihat makanan pada piring kecil tersebut telah habis tak bersisa.

4. Perhatikan Apa yang Anda Minum.
Kesalahan terbesar yang dapat mengacaukan program diet adalah ketidaksadaran bahwa kalori mengintai di balik minuman yang Anda konsumsi. Jus, latte dalam ukuran besar, margarita, atau minuman manis kaya akan kalori. Untuk menyiasatinya, pilihlah minuman alami atau minuman yang tidak mengandung gula dengan porsi yang lebih sedikit.

5. Buatlah Jurnal Makan.
Menulis semua yang Anda makan ke dalam jurnal makan akan membuat Anda sadar dengan pola makan. Untuk membuat jurnal makan tersebut, Anda hanya perlu menuliskan semua makanan yang telah Anda konsumsi. Jurnal makan akan menjadi pengingat ketika Anda mengonsumi makanan secara berlebihan.

TAMBAHAN :

Berenang dalam air dingin juga dapat membantu mempercepat penurunan berat badan anda karena keadaan air yang dingin memaksa tubuh anda untuk menyesuaikan suhu badan dengan suhu air yang dingin.

Minum teh tawar hangat sesudah makan juga dapat membantu anda untuk meluruhkan lemak.

Selamat mencoba !🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s