WASPADAI Sariawan Tak Kunjung Sembuh

Posted: February 1, 2011 in HEALTH
Tags:

Kondisi mulut, lidah, gigi, maupun gusi bisa menjadi indikator ampuh untuk mendeteksi gangguan kesehatan. Contohnya saja sariawan yang biasanya disebabkan kurangnya konsumsi vitamin C atau tak sengaja menggigit lidah . Namun jika sariawan tak kunjung sembuh, waspadalah.

Sariawan yang disebabkan kurang vitamin C biasanya akan sembuh sendiri dalam waktu 1-2 minggu. Namun jika sariawan tak sembuh-sembuh, bahkan jika jumlahnya bertambah banyak dan berubah warna menjadi putih bisa berindikasi gangguan kesehatan.

Menurut Profesor Bidang Kedokteran Gigi Klinis dari University of California, Susan Hyde, sariwan yang tak kunjung sembuh, terutama yang ada di bawah lidah, bisa berindikasi pada gejala kanker mulut. Cara mengatasinya hanya dengan pendeteksian dini.

Hyde menjelaskan, di Amerika Serikat, hanya 35% pengidap kanker mulut yang berhasil sembuh. Supaya tidak terlambat, segeralah berkonsultasi dengan dokter jika mengalami gejala di atas. Semakin cepat kanker terdeteksi, maka tingkat kesembuhannya akan semakin tinggi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s